Dorong Terciptanya Inovasi - Inovasi Baru, Pemkab Tabalong Selenggarakan Bimtek "Peningkatan Kompetensi ASN Dalam Penyusunan Inovasi Daerah Berbasis Riset".

Ditengah era globalisasi Revolusi Industri 4.0 dimana batasan antara dunia fiskal, digital dan biologi dalam tahapan pembangunan hampir tanpa batas, diperlukan berbagai keunggulan baik dari segi kreatifitas maupun inovasi agar mampu bersaing dan menjadi unggul. Sebagai wujud dukungan Pemerintah dalam mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru di Kabupaten Tabalong, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) pada hari Minggu (11/04) menyelenggarakan Bimbingan Teknis "Peningkatan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Dalam Penyusunan Inovasi Daerah Berbasis Riset".

Sebagai Panitia Penyelenggara, Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong Ir. H. Muhammad Noor Rifani, SH, ST., MT dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan bimtek ini dilakukan secara Hybrid baik Online maupun Offline dengan peserta yang hadir sebanyak 35 orang yang terdiri dari Kepala Perangkat Daerah beserta Kasubag Perencanaan dari 9 (sembilan) SKPD (Bappeda, BPPRD, DLH, DPUPR, Dinkes, Diskominfotik, Disdik, Disdukcapil, Disperindag) dan bagi SKPD yang berhalangan, dapat mengikuti kegiatan ini melalui aplikasi Zoom Meeting. Beliau juga menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas serta menyamakan persepsi ASN dalam menyusun inovasi daerah. 

Pada Kesempatan yang sama, Bupati Tabalong Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si saat menyampaikan sambutannya mengingatkan bahwa di era Industry 4.0 persaingan antar negara semakin ketat sehingga tantangan-tantangan yang dihadapi harus menjadi spirit baru kebangkitan perekonomian nasional dengan cara pengembangan inovasi nasional untuk meningkatkan nilai tambah, output, daya saing serta pertumbuhan ekonomi. Dan untuk peningkatan inovasi ditingkat Daerah, Pemerintah telah mengamanatkan Kemendagri melalui Badan Penelitian Pengembangannya untuk melakukan pengukuran Indeks Inovasi Daerah. Mengakhiri sambutannya, Bupati Anang berpesan agar bersama-sama belajar tentang indikator-indikator inovasi daerah terutama untuk menyusun inovasi dalam pengembangan Tabalong menjadi lebih maju dan terdepan.

Bimtek yang digelar di Ruang Berlian Lantai III Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru ini menghadirkan Kepala Balitbang Kemendagri Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si yang memaparkan tentang Inovasi Daerah dan Pengembangan SDM yang Profesional, Kreatif, dan Inovatif yang berisi kondisi indeks Inovasi Daerah 2018 - 2020; Peta kekuatan Inovasi Kabupaten Tabalong; Kompetensi Softskill yang dibutuhkan ASN; Inovasi Daerah dalam meningkatkan kinerja dan percepatan tujuan penyelenggarakan otonomi daerah; Pengukuran, penilaian dan pemberian penghargaan/insentif Inovasi Daerah; serta permasalahan dan urgensi perlunya inovasi di Indonesia.