Forum Lintas Perangkat Daerah, Momentum Koordinasi Hasil Musrenbang RKPD di Kecamatan

Setelah pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) di Kecamatan, maka tahap penyusunan RKPD Kabupaten Tabalong tahun 2021 berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 berlanjut ketahapan Forum Perangkat Daerah dan Forum Lintas Perangkat Daerah. 

Bertempat di Gedung Pusat Informasi dan Data, Bappeda menggelar Forum Lintas Perangkat Daerah sebagai momen strategis untuk mengkoordinasikan usulan Kecamatan yang dihasilkan dari musrenbang kecamatan dan forum perangkat daerah yang telah diselenggarakan sejak minggu pertama hingga minggu ketiga bulan Februari.

Forum yang diselenggarakan selama 3 hari sejak tanggal 24 s/d 26 Februari 2020 ini dibagi menjadi 3 subtema yaitu Penguatan Pelayanan Dasar Dengan Berfokus Pada Bidang Pendidikan dan Kesehatan Menuju Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas, Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kemudahan Akses Pelayanan Publik dan Pertumbuhan Ekonomi, Serta Penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Untuk Mendukung Industri dan Kepariwisataan. 

Pada hari pertama, bertemakan penguatan pelayanan publik diisi dengan paparan dari Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Pendidikan (Disdik), sedangkan dihari kedua membahas tentang peningkatan infrastruktur yang dipaparkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik), dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan). Kemudian dihari ketiga dilanjutkan dengan paparan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Diskop & UKM), Dinas Pertanian (Distan), Dinas Perikanan (Diskan), dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) untuk sektor penguatan UMKM sebagai pendukung industri dan pariwisata. 

Dipimpin oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tabalong Mahdi Noor, forum dibagi menjadi 2 sesi yakni sesi pertama berupa paparan dari Narasumber dan dilanjutkan dengan tanggapan peserta forum yang terdiri dari SKPD terkait dan unsur Kecamatan.

Ditutup dengan penandatanganan berita acara, hasil dari Forum Lintas Perangkat Daerah nantinya akan dibahas dalam Musyarawah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) Kabupaten Tabalong yang rencananya diselenggarakan pada minggu ketiga bulan Maret.

Kamu mungkin juga menyukai