Potensi Pertanian dan Perikanan Menjadi Perhatian pada Musrenbang RKPD di Kecamatan Tanjung

Senin pagi (08/02) Musrenbang RKPD Kabupaten Tabalong Tahun 2022 di Kecamatan kembali digelar. Sesuai jadwal yang telah ditentukan kali ini giliran Kecamatan Tanjung yang menjadi pelaksananya dengan pemilihan di Halaman Kantor Kecamatan Tanjung. 

Sebagai Kecamatan yang berada di ibukota Kabupaten, Kecamatan Tanjung yang terdiri dari 11 (sebelas) Desa dan 4 (empat) Kelurahan kali ini mengajukan sebanyak 146 usulan dengan komposisi Fifty - fifty baik usulan Infrastruktur maupun Non Infrastruktur. 

Dibuka oleh Mawardi selaku Wakil Bupati Tabalong, Musrenbang hari ini berjalan tertib dan lancar dimana Kecamatan Tanjung bekerjasama dengan Puskesmas setempat untuk melakukan screening kepada peserta musrenbang yang hadir berupa pemeriksaan suhu tubuh serta pengukuran kadar oksigen dalam darah sebagai langkah dini pencegahan penyebaran Virus Covid - 19 yang masih belum usai.

Dalam sambutannya, Mawardi menyatakan cukup mengenal Kecamatan Tanjung karena beliau pernah bertugas disana sebelum menjadi Sekretaris Camat di Kecamatan Murung Pudak. Selanjutnya, beliau menambahkan bahwa potensi perikanan cukup besar terbukti dengan ditetapkannya Kambitin dan Kambitin Raya menjadi Kawasan Minapolitan. "Selain itu pertanian juga menjadi keunggulan di Kecamatan Tanjung, terbukti saat terjadi bencana banjir dan tidak ada pasokan sayur dari luar daerah kita masih mampu bertahan dan memenuhi kebutuhan sayur sendiri" ujarnya.

Setali tiga uang, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tabalong Muhammad Noor Rifani juga mengamini pendapat tersebut, beliau menjelaskan bahwa pengembangan potensi pertanian dan perikanan sejalan dengan tema RKPD Kabupaten Tabalong Tahun 2022 yaitu "Penanganan Kesehatan dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Dalam Rangka Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Tangguh" oleh karenanya potensi tersebut harus menjadi perhatian kita bersama.

Usai Pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembahasan Usulan yang telah diajukan pada sesi Desk sebagai upaya untuk menentukan skala prioritas pembangunan Desa maupun Kecamatan. Hasil dari pembahasan di Desk nantinya akan dilanjutkan ke Forum Perangkat Daerah/Lintas SKPD yang rencananya akan diselenggarakan pada Minggu ketiga Februari mendatang.

Kamu mungkin juga menyukai