Dukung Komitmen TPB/SDGs, Tim Koordinasi TPB/SDGs Kabupaten Tabalong Bahas Perubahan Matriks Kabupaten

Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goal (TPB/SDGs) telah memasuki tahun ke-5. Semenjak ditetapkan pada bulan September 2015, di dalam Sidang Umum PBB yang diikuti oleh 159 Kepala Negara, TPB/SDGs menjadi Agenda Global 2030, yang dilaksanakan oleh seluruh negara di dunia. TPB/SDGs tersebut berisikan 17 goals dan 169 target untuk periode pelaksanaan tahun 2015-2030. Indonesia telah terlibat secara aktif dalam berbagai forum internasional dalam merumuskan SDGs tersebut. 

Komitmen Pemerintah dalam mensukseskan TPB/SDGs juga diwujudkan dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang mengamanatkan bahwa untuk mencapai sasaran TPB/SDGs akan disusun 3 (tiga) dokumen perencanaan, yaitu: Peta Jalan TPB/SDGs, Rencana Aksi Nasional (RAN) TPB/SDGs, dan Rencana Aksi Daerah (RAD) TPB/SDGs Provinsi. 

Dalam penyusunan RAD TPB/SDGs Provinsi, peran Kabupaten/Kota sangat diperlukan terutama dengan adanya perubahan matrik RAD TPB/SDGs akibat adanya perubahan RPJMN ditingkat pusat serta penyesuaian program dan kegiatan terbaru yang ada di daerah. 

Seiring dengan perubahan matrik RAD TPB/SDGs ditingkat Provinsi tersebut, Rabu (02/06) pukul 09.30 wita bertempat di Aula H. M. Ismail Abdullah lantai III Bappeda Kabupaten Tabalong, tim Koordinasi dan Tim Sekretariat TPB/SDGs Kabupaten Tabalong bersama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong mengadakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Tujuan TPB/SDGs. Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Tabalong Sujadi, SP, M.Pd membahas tentang perubahan matriks Kabupaten yang memuat target, program, dan kegiatan yang telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) Nomor 90 Tahun 2019. 

Terkait TPB/SDGs, Pemerintah telah menetapkan 124 target TPB/SDGs yang telah diintegrasikan dengan RPJMN Tahun 2020 – 2024 sehingga substansi yang terkandung dalam TPB/SDGs telah selaras dengan RPJMN yang merupakan penjabaran Nawacita sebagai Visi dan Misi Presiden.

Kamu mungkin juga menyukai