Adakan Musrenbang Sebagai Langkah Penyempurnaan Rancangan Perubahan RPJMD

Setelah pelaksanaan Forum Konsultasi Publik pada akhir Januari 2021, proses penyusunan rancangan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tabalong tahun 2019 - 2024 terus berjalan hingga akhirnya memasuki tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang).

Bertempat di Gedung Pusat Informasi Pembangunan, Senin (22/03) Pemerintah Kabupaten Tabalong yang diprakarsai oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tabalong secara terbatas mengundang berbagai elemen Pemangku Kepentingan yang terdiri dari Pejabat Pemerintah, Kepala Perangkat Daerah, pihak Swasta/Perusahaan, serta Tokoh Masyarat, Perguruan Tinggi, dan Lembaga Swadaya Masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh masukan dalam penyempurnaan rancangan perubahan RPJMD yang tengah disusun tersebut. 

Kepala Bappeda Muhammad Noor Rifani pada saat menyampaikan laporannya menyatakan bahwa berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan pada tahun 2020 kemarin, RPJMD Kabupaten Tabalong memang diperlukan perubahan dikarenakan sudah tidak relevan dengan kondisi terkini. Perubahan Kebijakan ditingkat nasional dan rencana pemindahan Ibukota Negara, serta munculnya pandemi Covid - 19 merupakan beberapa alasan yang membuat RPJMD harus disesuaikan kembali tambahnya.

Selanjutnya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya memastikan bahwa perubahan RPJMD yang sedang dilakukan tidak merubah substansi berupa Visi dan Misi. Yang berubah hanya hal - hal yang terkait tujuan, sasaran, dan program prioritas Perangkat Daerah, jelasnya.  

"Sekali lagi ulun ingin sampaikan RPJMD adalah apa yang kita rencanakan itulah yang kita bangun, bukan lagi apa yang kita butuhkan itu yang kita rencanakan" tegas Bupati. 

Sebagai penutup, Bupati Anang meminta kepada seluruh peserta musrenbang yang hadir agar memberikan saran pertimbangan serta pokok pikiran sehingga rancangan perubahan RPJMD yang sedang disusun ini bisa lebih efektif.

Setelah pelaksanaan seremoni pembukaan, acara dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong terkait Rancangan Perubahan RPJMD Kabupaten Tabalong Tahun 2019 - 2024 yang kemudian disambung dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Yuhani. 

Acara ditutup dengan penandatangan Berita Acara Kesepakatan Hasil Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Tabalong yang ditandatangani oleh perwakilan dari peserta yang hadir pada kegiatan tersebut.

Kamu mungkin juga menyukai